Minggu, 20 April 2014

Women-empowerment




Sosok Perempuan Indonesia Masa Kini

Sebenarnya, sosok perempuan indonesia itu, berawal dari R.A Kartini. Dialah yang memperjuangkan emansipasi wanita. R.A kartini berjuang demi menghidupkan wanita-wanita yang selalu ditindas oleh laki-laki.

  Kartini, siapa yang tidak tahu dengan sosok wanita yang satu ini. Seorang wanita yang bernama asli Raden Adjeng Kartini atau sebenarnya lebih tepat disebut Raden Ayu Kartini, beliau dilahir di Jepara, Jawa Tengah, 21 April 1879 dan meninggal di Rembang, Jawa Tengah, 17 September 1904 pada umur 25 tahun. Beliau adalah seorang tokoh Jawa dan Pahlawan Nasional Indonesia. Kartini dikenal sebagai pelopor kebangkitan perempuan pribumi.

Raden Adjeng Kartini adalah seseorang dari kalangan priyayi atau kelas bangsawan Jawa, putri Raden Mas Adipati Ario Sosroningrat, bupati Jepara. Raden Adjeng Kartini adalah sosok perempuan yang mengajarkan arti kemandirian kepada wanita, karena di zaman Kartini wanita belum dibebaskan dalam berbagai hal, mereka belum diijinkan untuk memperoleh pendidikan yang tinggi seperti pria bahkan belum diijinkan menentukan jodoh/suami sendiri, boleh dikatakan masih terbelenggu dengan adat dan norma-norma yang sangat kuat dan tidak bisa dirubah.

Berawal dari sanalah akhirnya Raden Adjeng Kartini berjuang untuk merubah pola pikir yang telah mengakar sejak dahulu kala. Yang pada akhirnya perjuangan dan pemikirannya itu menghasilkan sebuah persamaan hak wanita di berbagai aspek kehidupan ekonomi, sosial, budaya, politik, pendidikan. Dan itu bisa kita rasakan sekarang, banyak wanita yang sekarang berhasil menduduki tempat stategis dan tinggi di perusahaan dan lembaga pemerintahan, dan ini sangat luar biasa.

Tiada awan di langit yang tetap selamanya. Tiada mungkin akan terus-menerus terang cuaca. Sehabis malam gelap gulita lahir pagi membawa keindahan. Kehidupan manusia serupa alam. –

R. A. Kartini

Hal-hal diatas inilah yang cenderung membuat wanita sekarang berlomba-lomba terinspirasi dari sosok tokoh katini tersebut dan selalu serta selayaknya bisa memberikan serta berperan serta dalam menjalankan kehidupan berbangsa dan bernegara Indonesia, pada dasarnya sosok kartini masa kini sangatlah banyak dan dapat kita lihat dari bidang social maupun keikut sertanya dalam berbagai bidang demi memberdayakan serta meningkatkan derajat seorang wanita di kancah nasional maupun internasional dan memberdayakannya secara layak dan sejajar diantara lelaki. Tapi diantara berbagai macam wanita yang memiliki contoh dan ikut adil, saya akan mengulas sosok kartini masa kini yang begitu fenomenal di Indonesia sekarang ini.


Waktu terus berlalu, setiap dekade selalu ada tokoh wanita yang menjadi inspirasi kaum perempuan. Kontribusinya bukan hanya di Indonesia saja, tapi sudah mencapai level dunia atau Global. Untuk bidang teknologi , masih ingat dengan Ibu Pratiwi Soedharmono, calon astronot wanita pertama asal Indonesia. Untuk bidang olahraga ada Susi Susanti, atlet bulutangkis dengan segudang prestasi dunia termasuk meraih medali emas pertama untuk Indonesia pada Olimpiade tahun 1992 di Barcelona. Sedangkan untuk bidang seni, ada Anggun C Sasmi yang sudah diakui oleh industri musik dunia.
  Memang sudah dapat di lihat perubahan-perubahan yang mengikuti jaman. Tapi sosok wanita sekarang ini sangatlah berharga di mata dunia. Banyak sekali wanita yang lebih pintar dari laki-laki, itu juga berkat R.A kartini dalam memperjuangkan emansipasi wanita

"Habis Gelap, Terbitlah Terang".

Itulah contoh sosok perempuan masa kini, sebenarnya tanpa perjuangan R.A kartini, Wanita di indonesia mungkin, tidak akan menjadi seperti sekarang ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Arsip Blog